Apa Saja Kandungan Dalam ASI? Simak Disini

ASI atau Air Susu Ibu merupakan salah satu asupan terpenting bagi bayi di bawah usia 2 tahun. Tanpa adanya asupan yang satu ini, maka kebutuhan gizi harian si kecil tidak bisa terpenuhi dengan baik. Pasalnya, kandungan dalam asi pun sangat bagus bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Tentunya terdapat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh apabila bayi mengonsumsinya. Untuk itu, ada baiknya mengetahui kandungan beserta khasiatnya berikut ini.

 

Vitamin
Pada saat menyusui, ada baiknya bagi seorang ibu mempertimbangkan asupan makanan hariannya. Hal ini karena kandungan vitamin yang dikonsumsinya dari berbagai makanan bisa berpengaruh pula pada kesehatan bayi.


Kebutuhan vitamin yang terkandung adalah vitamin K, vitamin D, vitamin A, vitamin E, hingga vitamin C. Manfaatnya yaitu bisa mencegah bayi terkena penyakit tulang, risiko anemia hemolitik, hingga daya tahan tubuh yang kurang baik. Maka pastikan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. 


Lemak
Dalam ASI, tentu saja ada beragam kandungan yang baik bagi kesehatannya. Salah satunya adalah lemak agar vitamin bisa terserap dan perkembangan otak si kecil pun bisa meningkat dengan baik.
Sekitar 50 persen asupan kalori bayi didapatkan dari lemak, sehingga kandungannya sangat diperlukan. Mulai dari lemak linoleat dan linolenat yang mampu melapisi saraf serta menyampaikan pesan melalui sistem saraf. 


Protein
Kandungan dalam ASI lainnya yaitu protein yang sangat bagus untuk perkembangan otak bayi. Hal ini bisa diketahui dari berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa ASI mengandung asam amino penting yang dapat mendukung otak bayi menjadi lebih berkembang. 


Tidak hanya itu, ASI juga dinilai cukup baik dalam melindungi tubuh bayi dari pertumbuhan organisme berbahaya. Ini mulai dari bakteri E Coli maupun alergi karena memiliki sifat antiinflamasi. Karena itu, pastikan kebutuhan ASI anak tercukupi dengan baik agar kesehatannya terjaga.


Karbohidrat
Kandungan laktosa dalam ASI merupakan sumber karbohidrat penting bagi seorang anak, sehingga ada baiknya ibu mencukupi asupan karbohidrat hariannya dengan baik. Hal ini berguna untuk membersihkan pencernaan si kecil, penyerapan kalsium, fosfor, hingga magnesium. 


Bahkan karbohidrat terbukti bisa melindungi usus bayi sekaligus membantunya melawan serangan berbagai penyakit. Terutama penyakit diare yang sering menyerang bayi di bawah umur 2 tahun.


Mineral
Mineral juga memegang peranan penting dalam membantu perkembangan tulang anak, serta memastikan bahwa sistem saraf dan ototnya berfungsi dengan baik. Kebutuhan ini bisa dicukupi dengan kandungan berupa zat besi, kalsium, seng, hingga klorida yang terdapat pada ASI.


Enzim
Dalam air susu ibu, tentunya ada banyak enzim. Terdapat sekitar 40 enzim berbeda yang bisa membantu mencerna makanan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap segala penyakit di dalamnya. 


Mengingat akan hal tersebut, maka tidak heran apabila dokter selalu menganjurkan memberi ASI pada anak hingga berumur 2 tahun. Dengan ini, kesehatannya akan lebih terjaga, serta perkembangan dan pertumbuhannya pun bisa berjalan baik sebagaimana mestinya.


Karnitin
Kandungan dalam ASI yang terakhir yaitu karnitin, dimana fungsinya adalah membantu proses pembentukan energi yang bagus untuk sistem metabolisme tubuh anak. Bahkan, pada 3 minggu awal menyusui, kadar karnitin cukup tinggi dan ini sangat bagus untuk kesehatan anak. 


Nah, itulah informasi mengenai kandungan dalam ASI yang perlu diketahui oleh para ibu. Setelah mengetahui hal tersebut, pastikan untuk selalu memberikan asupan kaya manfaat yang satu ini pada si kecil secara eksklusif hingga berumur 2 tahun. 


Ini tidak lain untuk mendukung kesehatannya. Selain dengan memberinya ASI secara rutin, memberikan susu Bebelac juga penting. Penasaran soal susu ini? Simak saja info selengkapnya tentangnya di bebeclub.co.id.

SHARE

Masbro Zaen

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image